ASCOJA Board Meeting di Tokyo

Mengawali tahun 2015, Rapat Tahunan ASCOJA (ASEAN CONSUL of JAPAN ALUMNI )dan ASJA ( Asia Japan International ) meeting telah diadakan dari tanggal 2 Maret -4 Maret 2015 di Tokyo, Japan. Persada hadir diwakili oleh Wakil Ketum I, Bp.Ismadji Hadisoemarto sebagai ASCOJA Governor dan dua anggota pengurus lainnya, Bp.Hideki Amangku dan Ibu Indri A. Tohir, sedang untuk ASJA diwakili oleh Wakil Ketum III Ibu Tineke Mandang yang juga sebagai Director ASJA. Rapat membahas dan mengesahkan program2 tahunan ASJA-ASCOJA dan pelaksanaan ASCOJA Conference di Manila ,Oktober 2015.

Pelantikan Persada Cabang Tokyo

PERSADA Disamping rangkaian rapat ASCOJA & ASJA , BPP Persada melantik pengurus Persada Cabang Tokyo dengan Ketuanya Bp.John Loudy Saryowan dan 12 anggota pengurusnya. Seperti diketahui Persada cabang Tokyo telah 5 tahun tidak aktif sepeninggal Ketua Umum nya . Pelantikan dihadiri oleh Sekjen PPI Jepang dan beberapa anggotanya.

Symposium JAPI

Masih dalam rangkaian rapat ASCOJA / ASJA, Pengurus BPP PERSADA atas undangan President JAPI (Japan Association for Promotion of Internationalization ) Mr. Takayasu Omura, turut hadir dalam Symposium di kampus Toyo University Tokyo. Pada kesempatan tersebut , BPP Persada bertemu dengan Chairman Toyo University , Mr. Shinji Fukukawa dan President Toyo University , Mr. Nokio Takemura.

Pelantikan Rektor UNSADA periode 2015-2019

PELANTIKAN Serah Terima dan Pelantikan Rektor Universitas Darma Persada telah dilakukan oleh Bp. DR ( HC) Rachmat Gobel Ketua Umum Yayasan Melati Sakura / Ketua Umum BPP Persada dengan melantik Rektor baru ,Bp. DR. Dadang Solihin SE, MA pada tanggal 27 Juli 2015, bertempat di Graha Wira Bakti, Kampus UNSADA. Sebelum menjabat Rektor UNSADA, Bp.Dadang Solihin adalah pejabat di lingkungan Bappenas

HUT PERSADA yang ke 52 tahun

Acara Syukuran HUT PERSADA diadakan secara sederhana dalam suasana bulan Puasa, di kampus Universitas Darma Persada pada tanggal 8 Juli 2015.

Friend of PERSADA & Task Force for Persada

Pada bulan Mei 2015, mantan PM Jepang Mr. Yasuo Fukuda beserta rombongan besar pengusaha Jepang mengadakan kunjungan untuk bertemu Presiden RI Bpk. Joko Widodo. Diluar acara kunjungan resminya, Ketua Umum PPIJ ( Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang ) / Ketua Umum Persada, Bp. Rachmat Gobel menyelenggarakan acara resepsi makan malam dihadiri oleh beberapa menteri, anggota KADIN, serta beberapa Pengurus Persada dan Rektor UNSADA . Mr. Yasuo Fukuda dalam sambutannya mendeklarasikan “Friend of Darma Persada” dilingkungan JAPINDA ( Japan Indonesia Association ) di Jepang dan Task Force Darma Persada yang akan ditangani oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia . Maksud dari deklarasi adalah komitmen dari Mr. Fukuda melalui Japinda untuk membantu pengembangan Universitas Darma Persada kedepan.

Friend of PERSADA & Task Force for Persada

RESEPSI Pada bulan Mei 2015, mantan PM Jepang Mr. Yasuo Fukuda beserta rombongan besar pengusaha Jepang mengadakan kunjungan untuk bertemu Presiden RI Bpk. Joko Widodo. Diluar acara kunjungan resminya, Ketua Umum PPIJ ( Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang ) / Ketua Umum Persada, Bp. Rachmat Gobel menyelenggarakan acara resepsi makan malam dihadiri oleh beberapa menteri, anggota KADIN, serta beberapa Pengurus Persada dan Rektor UNSADA . Mr. Yasuo Fukuda dalam sambutannya mendeklarasikan “Friend of Darma Persada” dilingkungan JAPINDA ( Japan Indonesia Association ) di Jepang dan Task Force Darma Persada yang akan ditangani oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia . Maksud dari deklarasi adalah komitmen dari Mr. Fukuda melalui Japinda untuk membantu pengembangan Universitas Darma Persada kedepan.

Program Pelatihan Bahasa Jepang bagi Perawat dan Careworker

EPA Dalam rangka pengiriman calon perawat (KANGOSHI) dan careworker (KAIGOFUKUSHISHI) berdasarkan Economic Partnership Agreement (EPA), Japan Foundation mengadakan program pra-pelatihan bahasa Jepang bagi calon perawat dan careworker Indonesia. Pada pelatihan periode ke-8 (28 November 2014 ? 26 Mei 2015 ) Japan Foudation meminta bantuan PERSADA untuk mengelola sebagian pelatihan ini. Sebagai hasilnya pelatihan ini dibagi menjadi dua Grup, yaitu :Kokoro ( Japan Foundation ) dan Tomo (PERSADA).Tenaga pengajar diambil dari UNSADA, dan beberapa Universitas di Jakarta dan tenaga2 sukarela dari Jepang yang berada di Indonesia . Selama pelatihan berlangsung, seluruh koordinator, dosen, dan tenaga administrasi Grup TOMO bekerja keras memberikan yang terbaik sesuai peran masing-masing, dan berkat kerjasama yang baik dengan Japan Foundation, pelatihan berjalan dengan baik hingga akhir. Kedepannya PERSADA berharap bahwa kerjasama Program Pelatihan Bahasa Jepang bagi Perawat dan Careworker berdasarkan Economic Partnership Agreement (EPA) antara Japan Foundation dan PERSADA dapat terus berlangsung.

Kerjasama dengan UNIVERSITAS HIROSHIMA

Pada bulan Agustus 2015, Wakil Rektor Universitas Hiroshima, Prof.Toshiyuki Sato dan Mr. Hirano datang mengunjungi PERSADA di Jakarta dalam rangka mempersiapkan perjanjian kerjasama dengan pihak PERSADA. Adapun kerja sama yang akan di laksanakan segera adalah pembuatan buku mengenai sejarah pelajar Indonesia yang belajar di Jepang, dan juga kerja sama di bidang pendidikan dengan Universitas Darma Persada, pertukaran dosen, mahasiswa dan pegawai . Sebelum meninggalkan Indonesia Prof. Toshiyuki Sato dan Mr. Hirano diterima dalam Jamuan Makan Malam oleh Bp. Ginandjar Kartasasmita dan beberapa Pengurus Yayasan Melati Sakura, Bp. Dody HA, dari BPP Persada Wakil Ketum I Bp. Ismadji dan Wakil Sekjen I Bp. Hideki, serta Rektor Unsada Bp. Dadang Solihin, mantan Rektor Unsada Bp.Oloan Siahaan dan Wakil Rektor II Unsada Bp. Eko Cahyono

Pembentukan Monozukuri Center di UNSADA

Monozukuri Dalam rangka merealisasikan penerapan filosofi monozukuri Persada melalui Persada Strategic Center bekerjasama dengan UNSADA serta HIDA ( The Overseas Human Resources & Industry Development Association ) menyusun penyempurnaan kurikulum Teknik Industri dengan memasukkan mata kuliah ? mata kuliah baru sebagai muatan Monozukuri. Kurikulum baru ini rencananya akan diterapkan pada tahun ajaran baru mulai September 2016. Diharapkan hal ini menjadi model di jurusan Falkutas Teknik Industri diUnsada dan menjadi pionir Universitas di Indonesia yang menerapkan filosofi MONOZUKURI. HIDA berkomitmen untuk membantu pengadaan dosen dari Jepang dan fasilitas-fasilitas yang diperlukan.

Lomba Pidato Bhs Jepang 2015

Pidato Pada tanggal 22 Juni, berlangsung Lomba Pidato Bhs. Jepang Tingkat Nasional ke -44 kali ini berlangsung di tempat yang berbeda dari tahun2 sebelumnya , yaitu di The Energy Building, Jakarta, Sebelumnya Lomba Pidato Bhs. Jepang dilaksankan di Gedung RRI , Jakarta. Pemenang Pertama dan Kedua mendapat hadiah berkunjung ke Jepang selama 1 minggu.


Ujian Kemampuan Bahasa Jepang

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh BPP Persada sejak tahun 2007, salah satunya adalah melaksanakan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang ( Noryoku Shiken ) pada tanggal 5 Juli 2015, tahun ini mencapai 5250 peserta. Pelaksanaan Noryoku Shiken ini dilakukan setiap tahun 2 kali, yaitu pada bulan Juli dan Desember

Pameran Pendidikan Jepang

Kegiatan tahunan di bidang pendidikan diselenggarakan oleh JASSO, Japan Student Services Organization dan Persada ini menghadirkan peserta institusi pendidikan dari Jepang. Kegiatan yang selalu diikuti oleh perguruan tinggi dan sekolah Bahasa dari Jepang .Persada selalu mendampingi para pencari informasi dengan menempatkan para alumni Jepang di setiap stand yang hadir. Persada juga membuka stand khusus Persada untuk mereka yang ingin bertanya langsung mengenai pengalaman alumni selama belajar di Jepang. Pameran Pendidikan ini selalu dilaksanakan di dua kota yaitu Jakarta dan Surabaya. Tahun ini pada tanggal 15 November 2015 nanti peserta untuk di Jakarta : 71 lembaga dan di Surabaya : 54 lembaga mewakili perguruan tinggi dan sekolah Bahasa dari Jepang.


Beasiswa Mitsui

Persada bekerjasama dengan program CSR Mitsui untuk Indonesia menyalurkan beasiswa diperuntukkan bagi masyarakat umum terutama lulusan SMA di Indonesia . Setiap tahun peminat beasiswa ini berjumlah ratusan peminat, tetapi pada akhirnya hanya diberikan kepada 2 orang penerima beasiswa saja.Untuk tahun 2015 telah lulus seleksi 2 orang calon yang akan diberangkatkan pada bulan Oktober 2015.


Beasiswa MEXT-ASCOJA

Program beasiswa ini merupakan program tahunan dibawah Kementerian Luar Negeri Jepang, yang diberikan untuk 3 orang mahasiswa dari masing ?masing anggota ASJA ( Asia Japan International). Untuk tahun 2015, telah lulus seleksi yaitu : S1 untuk Persada Cabang Kalimantan, S2 untuk Persada Cabang Bandung dan S3 untuk Persada Pusat Jakarta.


Sumitomo Foundation

Sumitomo Foundation bekerjasama dengan PERSADA akan memberikan dana hibah untuk Penelitian di bidang Social Science dan Humanities yang berhubungan dengan Jepang. Peminat diharuskan memenuhi persyaratan tertentu yang diterapkan oleh Sumitomo Foundation .


Kunjungan Prof Xue Qin Shi

Pada tanggal 24 Agustus 2015,Persada menerima kunjungan Prof Xue Qin Shi, Vice Dean & Deputy Director Xiamen University. Untuk sekaligus memperkenalkan UNSADA , Prof Xue Qin Shi diterima diruang Rektor Unsada . Hadir pada pertemuan tersebut dari BPP Persada, Wakil Sekjen I Bp. Hidekie Amangku ,dari UNSADA Bp. Dadang Solichin Rektor UNSADA dan Bp. Eko Cahyono Wakil Rektor II.Dalam pertemuan dibahas keinginan daripada Xiamen University untuk bekerjasama dengan Persada dan UNSADA untuk pengiriman mahasiswa, pertukaran dosen, dan lain-lain.


Kunjungan Ms. Hiromi Shinoda PHD

Pada tanggal 19 Maret 2015, BPP Persada menerima kunjungan Ms. Hiromi Shinoda PHD, peneliti dari National Institute of Science and Technology Policy, Ministry of Education Culture Sport Science & Technology Japan. Ms. Hiromi diterima oleh Wakil Ketua Umum I , Bp. Ismadji Hadisoemarto, dan Wakil Sekjen I, Bp.Hideki Amangku. Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk mendapatkan informasi mengenai aktifitas Alumni Jepang di Indonesia dan untuk lebih memperkenalkan aktifitas Persada ,maka Ms. Hiromi Shinoda diajak untuk mengunjungi UNSADA.


Kunjungan Rombongan Hamamatsu ?Indonesia Friendship Association

Hamamatsu Pada tanggal 22 September 2015,bertempat di kampus Unsada, BPP Persada dan Unsada menerima kunjungan tamu-tamu dari Hamamatsu , Jepang , perhimpunan ini bernama “ Hamamatsu-Indonesia Friendship Association “. Setelah selesai kunjungan ke kampus , rombongan Hamamatsu , diundang jamuan makan malam oleh Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang / Ketua Umum BPP ?Persada, Bp. Rachmat Gobel di Restoran Bunga Rampai. Seperti diketahui, bahwa kota Bandung adalah sister-city kota Hamamatsu , oleh sebab itu pada hari berikutnya rombongan menuju kota Bandung . Rombongan Hamamatsu yang terdiri dari tua dan muda, pengusaha, mahasiswa dsb, berada di Indonesia selama 10 hari, untuk kunjungan persahabatan antara kedua negara, yaitu Jepang dan Indonesia.


HEARTH HEARTH FUTSAL EXEBIHITION

Futsal Setelah suksesnya acara peluncuran EHON oleh XYZ Corp dengan Persada di Jakarta tahun 2014, Mr. Yokoi ( suami dari Mrs. Yokoi , penyelenggara EHON ) pada bulan April 2015 mendatangkan Tim Futsal dari Jepang , yaitu Badral Urayasu ( Juara II Liga Futsal Jepang ) dibantu dengan Asosiasi Sepakbola Jepang dan pihak sponsor.Acara ini diliput oleh Yomiuri TV dan Yomiuri Shimbun, disiarkan secara luas di Jepang. Pertandigan persahabatan yang juga diliput oleh TV Indonesia ( MNC ) berlangsung dalam suasana akrab karena tujuannya untuk persahabatan antara rakyat Jepang dan Indonesia. Pertandingan yang diadakan 2 kali dimenangkan oleh Team Indonesia: 7-3 dan 6-6. Selain bertanding dengan Timnas Futsal Indonesia, Tim Futsal Badral Urayasu juga melakukan Coaching Clinic kepada mahasiswa UNSADA demikian pula kepada anak Sekolah Dasar dari Bantar Gebang dan SD Kartini Nusantara Jakarta-Pusat. Diharapkan Tim Futsal dari Jepang akan datang kembali pada tahun mendatang disamping untuk peningkatan prestasi kedua tim, juga untuk mempererat persahabatan kedua rakyat Indonesia dan Jepang.


NIYE Junior Program Homestay

Homestay Program Homestay yang sudah memasuki tahun ke 6, ditujukan untuk putra-putri anggota Persada,adalah Program NIYE yang memberikan kesempatan siswa-siswi SMP ( sebanyak 6 orang ) dari berbagai Negara ASEAN untuk berangkat ke Jepang yang tujuannya adalah belajar kebudayaan Jepang, tinggal di Youth Center dan rumah keluarga Jepang. Para siswa-siswi ini akan mengikuti kegiatan outdoor maupun berinteraksi langsung dengan siswa-siswi Jepang.


Program Toshiba Youth

Bekerjasama dengan Toshiba Youth Club Asia (TYCA ) dengan sponsor Toshiba International Foundation, Persada akan mengirimkan 2 siswa SMA untuk program selama 1 minggu di Jepang. Program baru ini, ditawarkan untuk siswa-siswa SMA dapat berbicara bahasa Inggri secara aktif,yang mempunyai kemampuan mengarang Essay dan karangan mereka tersebut akan dipresentasikan dalam acara“Debate Conference”“di Tokyo, pada bulan Desember 2015. Program ini akan mengundang siswa-siswa dari 5 negara Asean, dimana setiap negara akan mengirimkan 2 orang perwakilan.