Japanese Language Proficiency Test (JLPT)

JLPT Japanese Language Proficiency Test (JLPT) Sejak tahun 2005, Persada mendapat kepercayaan dari Japan Foundation untuk menyelenggarakan ujian kemampuan berbahasa Jepang (Japanese Language Proficiency Test) yang peminatnya dari tahun ke tahun semakin banyak. JLPT merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun dua kali yaitu di bulan Ju li dan bulan Desember. Berdasarkan data terkini, peserta JLPT di bulan Juli 2014 telah mencapai angkat 3,600 peminat.


Japan Education Fair

JASSO Kegiatan tahunan dibidang pendidikan yang diselenggarakan oleh JASSO, Japan Student Services Organization dan Persada ini menghadirkan peserta institusi pendidikan dari Jepang. Kegiatan yang selalu diikuti oleh perguruan tinggi dan sekolah Bahasa Jepang terkemuka di Jepang ini siap dengan informasi terkini secara lengkap. Merupakan kesempatan berharga bagi mereka yang berencana untuk melanjutkan studi ke Jepang. Persada selalu mendampingi para pencari informasi dengan menempatkan para alumni Jepang di setiap stand yang hadir. Persada juga membuka stand khusus Persada untuk mereka yang ingin bertanya langsung mengenai pengalaman alumni selama belajar di Jepang.


Lomba Pidato Jepang

Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional diselenggarakan setiap bulan Juni bekerjasama dengan Japan Foundation. Selain itu, Persada juga menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional di bulan Agustus yang bekerjasama dengan Universitas Takushoku. Kegiatan ini searah dengan visi Persada untuk meningkatkan minat generasi muda untuk berkarya secara positif dan sebagai ajang kompetisi antar institusi.

Beasiswa

Persada bekerjasama dengan program CSR Mitsui untuk Indonesia menyalurkan beasiswa diperuntukan bagi masyarakat umum terutama lulusan SMA di Indonesia. Ditahun 2014, ada 300 peminat beasiswa yang pada akhirnya diberikan kepada 2 orang penerima beasiswa. Selain itu Persada juga memberikan beasiswa kepada anggotanya melalui program Asean Student Japan Alumni yang merupakan program dibawah Kementrian Luar Negeri Jepang.

NIYE Junior Program Homestay

Program homestay yang ditujukan untuk anggota Persada, diselenggarakan oleh Persada bekerjasama dengan The National Institution for Youth Education (NIYE)Jepang . Setiap tahun di bulan Oktober siswa-siswi SMP (sebanyak 6 orang ) dari berbagai Negara ASEAN diberikan kesempatan untuk berangkat ke Jepang ,yang tujuannya adalah belajar kebudayaan Jepang dengan tinggal di Youth Center untuk mengikuti berbagai kegiatan outdoor maupun berinteraksilangsung dengan siswa Jepang. Sebuah program yang sangat menarik untuk diikuti oleh siswa-siswi usia SMP karena juga akan memiliki keluarga-angkat Jepang. Peserta homestay sangat menikmati program ini dan mereka mendapatkan pengalaman yang sangat berharga di usia yang masih sangat muda. Tidak hanya pengalaman yang tak terlupakan, tetapi para peserta homestay mendapatkan ilmu berharga seperti betapa pentingnya disiplin-diri dalam segala hal bagi masyarakat Jepang.

Picture Book Donation Ceremony

Persada bekerja sama dengan The Japan Foundation dan organisasi nirlaba XYZ, mengadakan proyek kerja sama berupa donasi buku bergambar. Proyek kerja sama ini, direncan.akan oleh organisasi nirlaba XYZ sebagai pesan yang menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat dunia, termasuk Indonesia, kepada Jepang terkait dengan terjadinya Gempa Besar diJepang Timur, tiga tahun lalu, dan juga bertujuan untuk menyampaikan pesan "Jalan Kehidupanyang Menghubungkan Hati" ke anak-anak diseluruh dunia.

PERSADA STRATEGIC CENTER

Sudah banyak alumni Jepang yang berkiprah di berbagai kota besar di Indonesia. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk mensinergikan para profesional diberbagai bidang khususnya dengan pihak Jepang untuk menjawab tantangan global. Atas inisiatif dan ide yang digagas oleh Bapak Ginanjar Kartasasmita dan Ketua Umum Persada, Bapak Rachmat Gobel, maka Pada tanggal 24 Agustus 2013, Persada Strategic Center didirikan.